Menu

Prinsip Investasi Syariah Terbaik Online Di Pasar Modal Indonesia Yang Menguntungkan

Februari 15, 2019 | Investasi

Bagaimana Prinsip Investasi Syariah Terbaik Online Di Pasar Modal Indonesia Yang Menguntungkan ? yes, Investasi syariah merupakan suatu kegiatan menanamkan dana dengan jumlah tertentu untuk memperoleh penghasilan yang dibuktikan dengan tambahan nilai investasi yang didasari oleh sistem perundang-undangan islam antara hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan.

Prinsip Investasi Syariah Terbaik Online Di Pasar Modal Indonesia

Tujuan utama adanya investasi syariah adalah mengatur hidup manusia dengan aturan dasar islam yang mengukuhkan diri sebagai makhluk Tuhan yang tertinggi dan memiliki prinsip hakiki dalam menjalankan suatu bisnis dengan batasan halal dan haram diatur secara efektif dan efisien.

Sebagai salah satu negara yang memiliki penganut agama islam terbesar di dunia, perindustrian perbankan atas dasar syariah dikembangkan secara signifikan di Indonesia.

Hal ini juga menjadi kabar gembira para investor muslim untuk menampung seluruh kebutuhan umat islam yang ada di Indonesia dengan menanamkan modal didasari akidah dan syariat islam yang kokoh dan kuat. Bisa menjadi jalan alternatif investasi yang aman dan terpercaya.

Namun perlu memperhatikan betul bahwa setiap sistem investasi berbasis syariah memiliki tujuan dan hukum yang berlaku tidak sama dengan investasi pada umumnya.

Karena syariah menganut dasar al-quran dan sunnah rosul yang diadaptasi dan dikombinasikan melaaui perkembangan teknologi dan pengetahaun masa kini.

Untuk prinsip dasar investasi syariah yang diterapkan di Indonesia menganut pada al-qur’an dan hadist yang merupakan sumber hukum utama bagi kalangan umat muslim.

Agama islam sangat melarang praktek riba merajalela secara total, sehingga layanan investasi berbasis syariah ini diterapkan di Indonesia dengan meniadakan penerapan bunga pada perbankan.

Karena tarif bunga akan memberikan beban untuk salah satu bahkan kedua belah pihak nantinya. Dalam agama islam hal ini bisa dinamakan praktek riba. Investasi berbasis syariah ini menggunakan sistem bagi hasil kepada para investor.

Keuntungannya dibagi sama rata dan disesuaikan dengan bijaksana sesuai proporsi kedua belah pihak dalam artian keuntungan dan kerugian yang dialami akan ditanggung bersama-sama oleh kedua belah pihak.

Berikut ini contoh dasar dari penerapan prinsip dasar syariah, yaitu:

  • Investasi aset secara nyata berbentuk fisik diantaranya, benda seni yang meliputi patung dan lukisan, perhiasan yang meliputi intan, emas, berlian, permata, giok, dan properti yang meliputi, toko, tanah, rumah dan ruko.
  • Investasi surat-surat penting atau surat aset diantaranya saham dan deposito yang dilakukan dengan menggunakan cara tidak langsung dan langsung.

Untuk melaksanakan invetasi baik secara umum maupun investasi berbasis syariah yang perlu dipertimbangkan adalah jangka waktu, tujuan, resiko, pajak yang berkaitan dengan investasi.

Jika sudah mengerti dan memahami tujuan utama investasi yaitu mendapatkan penghasilan jangka panjang di masa mendatang dan mengurangi inflasi, maka nanti akan lebih mudah untuk pemilihan investasi jangka pendek atau panjang.

Bagi kalangan masyarakat yang sudah menjadi investor harus memahami betul dan mendalami antara keuntungan dan kerugian yang nanti akan dialami. Hal ini harus dipersiapkan dengan matang untuk mengatasi segala resiko yang nantinya terjadi.

Sehingga nanti bisa menyimpulkan jenis investasi yang dipilih. Perlu diketahui bahwa dalam melakukan investasi tanamkan niat yang kuat dan kokoh mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan investasi agar nanti tidak salah dalam menjalankan usaha investasi ini.

Sebaiknya pilih jenis investasi yang terpercaya dan disertai dengan hukum yang kuat dan terarah.

Bagi seluruh kalangan masyarakat yang ada di Indonesia bahkan di dunia perlu berhati-hati dalam berinvestasi, ambil jalan terbaik untuk penanaman modal dan gunakan sistem yang nyaman dan aman bagi diri sendiri dan tidak merepotkan.


Artikel Menarik Lainnya