Menu

Kiat Menangkan Persaingan Usaha Travel

Februari 19, 2019 | Tips

Bagaimana menghadapi persaingan usaha travel yang semakin ketat di tengah banyaknya bermunculan bisnis travel baru? Yes, pada kesempatan kini admin contohusaha.com akan berbagi kiat menangkan persaingan usaha travel. Silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

kiat menangkan persaingan usaha travel

Usaha transportasi, khususnya travel saat ini masih cukup menjanjikan. Seperti usaha bidang jasa pada umumnya, usaha travel akan bisa berkembang jika Anda mampu membuat pelanggan puas. Jadi bukan semata-mata mengandalkan mobil yang bagus tetapi lebih kepada bagaimana Anda peduli dengan semua titik pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan.

Kiat Menangkan Persaingan Usaha Travel

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha travel Anda tetap dapat bersaing dan memenangkan persaingan:

1. Pelayanan yang Excellent di Counter.

Semua petugas yang melayani pemesanan tiket atau pengiriman barang harus juga melayani pelanggan dengan baik tanpa membeda-bedakan penampilan pelanggan. Semua petugas juga harus bisa berkomunikasi dengan jelas kepada pelanggan. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pelanggan, misalnya tentang jam keberangkatan, nomor tempat duduk, fasilitas yang diberikan, proses transit, dan lain-lain.

2. Faktor Kebersihan & Kelayakan Mobil.

Semua unit mobil yang akan digunakan harus benar-benar diperiksa kebersihannya. Pastikan di dalam mobil tidak ada bau yang tidak sedap dan tidak ada kotoran yang tertinggal di jok maupun karpet. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa mobil dalam keadaan baik dan siap digunakan tanpa terkendala gangguan mesin ataupun yang lain.

3. Perhatikan Ketepatan Waktu.

Anda harus membuat pelanggan yakin dengan travel Anda dengan cara selalu tepat waktu, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Dengan demikian pelanggan yang telah memiliki jadwal di kota tujuan tidak akan terlambat. Ini adalah cara untuk menciptakan kepercayaan pelanggan.

4. Pelayanan Driver yang Profesional.

Usaha travel sangat tergantung dari baik buruknya driver yang Anda miliki. Semakin baik kualitas driver yang Anda miliki, semakin meningkat pula kepercayaan pelanggan kepada travel Anda. Kualitas yang dimaksud di sini adalah kualitas dalam hal kemampuan mengemudikan mobil dengan nyaman, komunikasi yang baik kepada pelanggan, sifat mau membantu dengan tulus, dan masih banyak lagi yang lain. Aspek lain yang benar-benar harus diperhatikan adalah bahwa semua driver tidak boleh memiliki bau badan yang tidak enak.

5. Keamanan Barang Bawaan.

Pastikan semua barang bawaan pelanggan aman sampai tujuan dan tidak ada yang hilang karena faktor kesalahan driver dalam menurunkan barang di bagasi. Berikan label pada setiap tas/kotak yang akan diletakkan di bagasi mobil. Saat travel berhenti istirahat, driver harus mengingatkan pelanggan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Demikian juga ketika pelanggan sampai tujuan, driver wajib memastikan bahwa tidak ada barang yang tertinggal.

6. Ucapkan Salam Perpisahan & Bagikan Brosur.

Saat pelanggan sampai di tempat tujuan dan semua barang sudah diturunkan, driver harus mengucapkan terima kasih secara tulus kepada pelanggan. Sebaiknya driver juga memberikan brosur yang berisi alamat dan nomor telepon usaha travel Anda. Tujuannya agar pelanggan tetap ingat dan bisa merekomendasikan kepada orang lain yang membutuhkan jasa travel.

Nah, itulah beberapa kiat menangkan persaingan usaha travel yang semakin ketat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Sukses untuk Anda.


Artikel Menarik Lainnya