Menu

Bisnis Kuliner Paling Tahan Krisis


Bisnis Kuliner ~ Meski saat ini sedang dalam kondisi krisis, pengusaha harus tetap bisa survive, asal terus menghasilkan produk-produk yang inovatif dengan gebrakan yang berbeda, sehingga bisa membuat orang tertarik membeli. Untuk itu harus rajin melakukan survei pasar, mengikuti tren usaha terbaru yang dijalankannya. yang paling penting adalah mengikuti apa kemauan pasar yang dibidik. Pelaku usaha juga harus selalu melakukan quality control terhadap produk.

Bisnis Kuliner Paling Tahan Krisis

Setiap tahun jumlah wirausahawan semakin bertambah, apalagi tiga tahun kebelakang kenaikannya sangat signifikan. Maka tak jarang ragam produk-produk kreatif bermunculan seiring persaingan bisnis yang semakin ketat. Namun dari banyak usaha yang ada, tidak memungkinkan semuanya mampu berkembang dan bertahan ditengah krisis. Salah satu usaha yang mampu bertahan adalah usaha bidang kuliner karena merupakan kebutuhan primer yang selalu dicari konsumen.

Artikel Lainnya: Jenis Usaha Bidang Kuliner
Namun tidak serta merta pelaku usaha yang terjun dalam bisnis kuliner akan mendapatkan keuntungan dan peningkatan usaha yang memuaskan. Pelaku usaha harus mampu mengelola bisnis kuliner mereka mulai dari jenis produk, produksi, promosi hingga perhitungan keuntungannya.

Di samping itu sifat konsumen Indonesia kerap bosan dengan satu jenis produk, yang mempengaruhi penjualan. Terlebih dengan banyaknya persaingan mengharuskan pelaku usaha tersebut harus berani tampil beda mulai dari variasi produk hingga cara pengemasannya. Untuk saat ini, bisnis kuliner masih bertahan disaat krisis adalah kuliner dalam bentuk camilan ataupun makanan ringan yang saat ini tengah booming dan masih bisa bertahan adalah jenis camilan sehat yang dibuat tanpa bahan kimia seperti zat pewarna dan pengawet.

Peluang usaha kuliner yang bisa digarap misalnya bidang usaha produksi makanan. peluang usaha makanan ini harus menyuguhkan konsep delivery baik ke rumah, kantor, maupun tempat lainnya. dan tak ketinggalan yang harus diutamakan lainnya adalah branding. Salah satu contoh bisnis kuliner yang berpeluang kedepannya adalah produsen makanan bungkus bermerek.

Usaha bidang kuliner memang cukup menjanjikan dan terus berkembang pesat sekarang ini serta mampu bertahan terhadap krisis. Bahkan untuk mengembangkan bisnis kuliner mereka banyak para pelaku usaha tersebut yang menggunakan sistem waralaba, dengan sistem ini usaha mereka lebih cepat berkembang karena bisa memiliki mitra diberbagai kota ditanah air.

Bisnis kuliner yang menggunakan sistem waralaba ada banyak sekali bila anda memang tertarik untuk membuka usaha di bidang kuliner baik itu usaha makanan maupun minuman. Investasi awal yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari Rp 3 jutaan, Rp 5 Jutaan, Puluhan Juta hingga ratusan juta. Andapun bisa memilih jenis waralaba sesuai dengan modal yang dimiliki.

Bagi anda yang memiliki modal besar memilih bisnis kuliner dengan investasi puluhan juta hingga ratusan juta tentu bukan suatu masalah. Akan tetapi bagi yang memiliki modal minim alias terbatas maka pilihan paling tepat adalah bisnis kuliner dengan modal kecil dibawah sepuluh jutaan. Untuk info peluang bisnis waralaba bidang kuliner bisa anda baca artikel sebelumnya disini

Selain bisnis kuliner, beberapa usaha yang paling bisa bertahan disaat krisis adalah usaha fashion, jasa delivery, hingga jasa SEO. Meskipun begitu bukan berarti usaha di bidang lainnya tidak berprospek cerah dan tidak tahan banting terhadap kondisi krisis. Semuanya masih berpeluang sukses meskipun dalam keadaan terhimpit. yang terpenting adalah niat untuk terus mengembangkan usaha dan menampilkan produk atau jasa yang berbeda dengan usaha sejenis, menjaring konsumen dengan baik hingga proses promosi yang cukup menarik. Demikianlah semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk anda yang ingin memulai usaha atau bisnis.


Related For Bisnis Kuliner Paling Tahan Krisis