Menu

6 Tips yang Bisa Bikin Bisnis Kuliner Kamu Laris Manis


Bisnis Kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan sedang tren sekarang ini. Mengapa demikian? karena, makanan adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi semua orang setiap hari. Sehingga bisnis kuliner tidak akan pernah mati dan akan selalu booming terutama ketika ada jenis kuliner baru yang muncul.

6 Tips yang Bisa Bikin Bisnis Kuliner Kamu Laris Manis

Menjalankan bisnis dibidang kuliner tidaklah mudah meskipun prospeknya sangat baik. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan walaupun sudah mengelontorkan modal yang lumayan besar. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebabnya mulai dari lokasi usaha yang tidak tepat, rasa makanan yang tidak menjual, strategi yang salah, kurang promosi dan lain sebagainya.

Apalagi dewasa ini ada banyak sekali pebisnis yang membuka usaha di bidang kuliner sehingga persaingan dalam bisnis ini sangat ketat. Akan tetapi, meskipun persaingannya sangat ketat, peluang untuk sukses di bisnis kuliner cukup besar asalkan anda mau bekerja keras dan kreatif dalam mengembangkan usaha tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini contohusaha.com akan berbagi tips bagaimana cara agar bisnis kuliner kamu laris manis sehingga cepat berkembang.

6 Tips Agar Bisnis Kuliner Bisa Laris Manis

Menjalankan bisnis kuliner memang tidak mudah mengingat persaingannya yang sangat ketat. Dibutuhkan strategis yang tepat, lokasi yang strategis, kreatifitas dan lain sebagainya agar usaha yang kamu jalankan bisa laris manis dibeli konsumen.

Bagi kamu yang berencana membuka usaha kuliner dibawah ini ada 6 tips wajib kamu baca dan coba terapkan agar bisnis kuliner kamu laris manis dan cepat berkembang:

1. Menentukan Ide Bisnis yang Tepat

Sebelum memulai usaha tentunya hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan ide bisnis yang tepat. Hal ini penting agar usaha yang dijalankan nantinya cepat berkembang dan produknya laris manis. Kita bisa mencari ide bisnis dengan mengamati jenis kuliner yang banyak disukai masyarakat namun, masih sedikit penjualnya atau bahkan belum ada sama sekali sehingga persaingannya tidak ketat.

2. Menentukan Lokasi yang tepat

Lokasi yang tepat merupakan Salah satu faktor penting yang mendukung kesuksesan sebuah bisnis. karena itu, Sebelum memulai usaha kita harus memilih lokasi yang strategis. Namun, sebelum memilih lokasi sebaiknya kamu tentukan dulu segmen pasar yang ingin digarap apakah pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran atau umum.

Apabila kamu sudah memiliki segmen pasar yang akan digarap, carilah lokasi yang mendukung dengan segmen tersebut. Pilihlah lokasi yang strategis seperti tempat keramaian, mudah dijangkau transportasi umum dan usahakan tempatnya memilih lahan parkir. Tempat jualan kita perlu memiliki lahan parkir karena, kebanyakan orang malas untuk makan di tempat yang tidak memiliki lahan parkir.

3. Bisnis kemitraan

Cara sukses memulai bisnis kuliner bisa juga dengan mengikuti bisnis kemitraan atau waralaba. Saat ini ada banyak sekali pebisnis kuliner yang menawarkan sistem kemitraan dalam mengembangkan usaha mereka. Pilihlah usaha kuliner yang sudah memiliki brand kuat. Mengapa demikian? Sebab, Biasanya bisnis seperti ini sudah mempunyai pelanggan tersendiri. Jadi, kamu tidak perlu capek dan membuang biaya lagi untuk membangun nama atau brand usaha kamu. Baca juga: 20 Peluang Usaha Waralaba Bidang Kuliner

4. Menciptakan Ide unik

Kreatifitas sangat penting dalam membangun usaha terutama bisnis kuliner yang persaingannya sangat tinggi. Dalam bisnis kuliner tidak hanya rasa makanan yang enak saja yang ditawarkan tetapi ciri yang unik seperti menu makanan atau nama yang unik akan membuat usaha kamu berbeda dengan usaha sejenis lainnya. Banyak pengusaha kuliner yang meraih sukses berkat ide unik yang mereka ciptakan.

5. Rajin promo

Strategis yang tepat memang sangat membantu dalam mengembangkan usaha seperti yang kami bilang sebelumnya. Nah, Salah satu strategi marketing lain yang terbukti ampuh menarik pelanggan adalah rajin memberikan promo. Kamu bisa memberikan promo kepada pengunjung Mulai dari potongan harga hingga makan gratis. Sebagai contoh misalnya mengratiskan makanan kepada pengunjung yang berulang tahun. Sudah banyak pelaku usaha kuliner yang sukses menggunakan cara ini dalam bisnis mereka.

6. Mengundang public figure

Salah satu strategi marketing dalam bisnis kuliner zaman sekarang adalah promosi menggunakan sosial media. Kekuatan sosmed sangat ampuh dan sudah dibuktikan oleh beberapa pelaku bisnis sukses. Salah satunya adalah martabak pacenongan yang menemukan menu martabak tobleron. Sejak menggunakan sosmed sebagai alat promosi, pengunjung kedai martabak yang terletak di daerah Jakarta ini semakin banyak.

Selain itu, Untuk memancing pengguna sosial media, kamu juga bisa mulai dengan mengundang seorang publik figur untuk makan di tempat usahamu secara gratis. Jika sukses dan dia memberikan testimoni di sosial medianya, pengunjung pasti akan bertambah drastis. Ini merupakan promosi gratis buat usahamu.

Menjalankan usaha dibidang kuliner memang memerlukan strategis yang tepat agar bisa bersaing dengan usaha sejenis. Kamu bisa mencoba 6 tips diatas untuk membuat bisnis kuliner kamu laris manis. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.


Related For 6 Tips yang Bisa Bikin Bisnis Kuliner Kamu Laris Manis