Menu

5 Peluang Usaha Sampingan di Kampung/Desa yang Menguntungkan


Jika anda kebetulan sedang tinggal di desa atau sebuah kampung dan ingin memiliki sebuah usaha sampingan maka spesial untuk anda kali akan dibahas tentang uraian Peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan. Dari sekian banyak jenis usaha sampingan yang ada, tentunya anda ingin memiliki sebuah usaha yang berpeluang bagus dan menguntungkan.

5 Peluang Usaha Sampingan di Kampung/Desa yang Menguntungkan

Meski di desa tempatnya, namun tak menutup kemungkinan jika usaha yang dirintis tersebut memiliki peluang dan potensi untuk berkembang. Yang terpenting adalah bagaimana upaya anda untuk membangun dan menjalankannya. Selain itu bisnis yang anda jalankan hendaknya dibutuhkan oleh sebagain besar masyarakat sehingga cepat berkembang dan terus bertahan.

Apa saja Peluang Usaha Sampingan di Kampung atau Desa yang Menguntungkan?

Ada banyak sekali sebenarnya ide peluang usaha yang bisa dijalankan dikampung atau desa sebagai bisnis sampingan. Tentunya bila anda pandai dan jeli melihat peluang bisnis sampingan modal kecil yang ada disekitar anda. Sebab tidak sedikit masyarakat desa yang mencari barang kebutuhannya di kota karena dikampung tidak ada orang yang menjualnya.

Dari sejumlah gambaran terkait dengan usaha di kampung yang ada, berikut usaha sampingan di desa yang berpeluang dan menguntungkan yang dirangkum dalam 5 peluang usaha sampingan di kampung atau desa yang menguntungkan:

1. Membuka Usaha Peternakan

Membuka Usaha PeternakanInilah salah satu usaha sampingan berpeluang dan menguntungkan yang cocok dilakukan di desa atau kampung. Pasalnya, lingkungan desa tidak sepadat lingkungan kota sehingga di desa lebih banyak lahan yang bisa digunakan untuk menciptakan sebuah usaha. Oleh sebab itu, tak masalah jika anda ingin memiliki usaha sampingan jenis peternakan ini dalam skala besar. Banyak hewan yang dapat dijadikan sebagai objek ternak seperti ayam, bebek, kambing, sapi dan sebagainya.

Selain beberapa jenis ternak tadi, ada rekomendasi lain yang juga berpeluang yaitu ternak ikan lele. Perawatan ikan lele juga termasuk mudah dan perkembangbiakannya cepat pula sehingga lebih cepat bisa dijual. Usaha sampingan peternakan ini nanti bisa dijual dagingnya jika sudah dewasa atau bisa juga dijual saat masih hidup. Keduanya memiliki nilai jual yang bagus sehingga keuntungan yang diperoleh juga lumayan. Usaha peternakan cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan karena dalam upaya perawatannya tak memakan waktu sangat banyak sehingga bisa diselingi dengan kegiatan rutin anda lainnya.

2. Berkebun

BerkebunRekomendasi usaha sampingan di kampung selanjutnya adalah berkebun atau bercocok tanam. Luasnya lahan di pedesaan bisa anda manfaatkan dengan cerdas untuk menanam sayur-sayuran maupun bahan makanan lainnya yang tentu laku dijual. Sebagai contoh, menanam cabai yang saat ini memiliki nilai jual tinggi. Tentu hal ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri karena selain anda tak perlu membeli dengan mahal, anda bisa menjualnya dan tingginya harga memberikan keuntungan tersendiri bagi anda selaku penjual. Selain itu, bisa juga menanam jenis tanaman sayur seperti sawi, bayam, terong dan sebagainya. Disamping anda bisa mengkonsumsinya sendiri dan tak perlu beli, dengan menjualnya andapun memperoleh tambahan penghasilan yang lumayan. Nah, usaha sampingan yang satu ini perlu anda coba untuk dirasakan peluang dan keuntungannya.

3. Jual pulsa dan token listrik

Jual pulsa dan token listrikTak hanya laku di lingkungan kota saja, bahkan kini lingkungan desa sudah semakin akrab dengan pulsa dan token listrik. Nah, usaha sampingan yang satu ini juga masih memiliki potensi dan peluang dengan prospek bagus. Apalagi jika yang memiliki usaha seperti ini masih tergolong jarang-jarang. Manfaatkan kesempatan yang ada sehingga keuntungan akan kian datang pada anda. Kini hampir tidak ada orang yang tak membutuhkan token listrik maupun pulsa termasuk di desa dan kampung. Bahkan, baik pulsa maupun token listrik kini hampir bisa dikatakan menjadi kebutuhan pokokkarena memang kemajuan teknologi dan kemudahan komunikasi saat ini kian maju.

Selain itu, pengguna handphone dari beragam kalangan juga semakin meningkat dengan tajam. Tak heran jika usaha sampingan jualan pulsa dan token pulsa berpeluang bagus. Semakin banyak kelipatan transaksi yang anda lakukan maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan datang melalui income anda. Anda bila melakukan usaha sampingan ini disela-sela waktu luang anda dan transaksi yang singkat tak akan mengganggu kegiatan lain anda. Memang bisa dikatakan bahwa keuntungannya tidak begitu banyak dalam satu kali transaksi. Akan tetapi, jangan lupa akan faktor kalinya. Jika nilai keuntungan penjualannya mencapai Rp 1000 saja dalam sekali transaksi maka jika dalam sehari saja anda bisa bertransaksi dalam jumlah 100 kali maka keuntungannya sudah mencapat Rp 50.000an ketatas. Lumayan bukan?

4. Membuka jasa penjahit pakaian

Membuka jasa penjahit pakaianInilah usaha sampingan di desa yang berpeluang dan menguntungkan selanjutnya. Bisa dikatakan masih jarang orang yang memiliki ketrampilan menjahit apalagi di daerah kampung atau pedesaan. Untuk memulai jenis usaha yang satu ini terlebih dulu diperlukan keahlian menjahit. Oleh karena itu, anda perlu menguasai tentang bagaimana cara menjahit dan membuat sebuah baju. Tak semua orang memiliki ketrampilan menjahit, hal ini karena memang belajar menjahit memerlukan ketelatenan, ketelitian dan kesabaran yang super. Itulah mengapa anda termasuk orang beruntung jika memiliki keterampilan menjahit. Usaha macam ini juga sangat berpeluang di desa karena saat ini kebutuhan fashion dan beragam pakaian tiap orang bisa dibilang tak ada habis-habisnya.

Ketika baru merintis, anda dapat memperoleh penghasilan dengan menerima jahitan dari teman, kerabat maupun tetangga anda. Tak sedikit orang yang belum bisa melihat usaha sampingan menjahit pakaian sebagai usaha yang memiliki potensi bagus. Akan tetapi, jangan salah karena bila usaha ini ditekuni dengan sungguh-sungguh maka keuntungan yang datangpun juga sangat lumayan. Bila anda telah menguasai dan menjadi penjahit profesional maka anda bisa mengembangkannya seiring berjalannya waktu. Anda bisa memperlebar usaha itu dengan menjadi seorang desainer fashion dan mungkin saja usaha anda itu akan semakin berkembang dan terkenal. Untuk mengimbanginya, jangan lupakan kegiatan promosi supaya usaha anda tersebut lebih cepat dikenal banyak orang.

Baca : 25 Peluang Usaha di Rumah yang Menjanjikan

5. Membuka toko

Membuka tokoPeluang usaha sampingan membuka toko juga berpotensi peluang di desa. Apalagi jika di lingkungan anda belum banyak yang memiliki toko. Banyak yang bisa dijual di toko anda seperti makanan ringan, sembako, perlengkapan mandi, alat-alat tulis, mainan anak-anak dan masih banyak lagi. Akan lebih bagus jika toko yang anda dirikan sangat lengkap sehingga masyarakat lingkungan anda semakin mudah mendapatkan kebutuhan yang mereka cari. Jangan lupa, pilih tempat yang strategis saat anda baru merintisnya supaya cepat dikenal khalayak.

Usaha sampingan membuka toko kebutuhan bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dan pelanggan dalam menuai rezeki anda. Masyarakat tentu lebih memilih tempat belanja terdekat dengan mengingat hemat waktu dan tenaga jika dibanding harus belanja ke kota dahulu. Itulah mengapa dikatakan peluang usaha sampingan membuka toko produk-produk kebutuhan sehari-hari masih sangat berpotensi di lingkungan desa. Nah, usaha sampingan ini perlu anda coba memulainya sedikit demi sedikit lalu jika sudah mulai berkembang silahkan mengembangkannya dengan lebih banyak produk yang anda jual.

Itulah 5 peluang usaha sampingan di desa atau kampung yang menguntungkan. Salah satunya bisa anda coba merintisnya. Pilih usaha sampingan yang paling cocok dan paling berpeluang di desa anda agar keuntungannya lumayan pula. Jangan bosan-bosan menjalankan sebuah usaha karena dari sanalah pintu rezeki terbuka.


Related For 5 Peluang Usaha Sampingan di Kampung/Desa yang Menguntungkan