Menu

5 Cara Menghasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online


Siapa bilang barang bekas tidak berguna. Kalau anda memiliki barang bekas yang masih bagus jangan dibuang, apalagi barang tersebut masih layak pakai dan memiliki nilai jual cukup tinggi. Anda bisa menghasilkan uang dari jual barang bekas tersebut secara online. Sekarang ini lapak jual beli barang bekas online semakin menjamur sehingga untuk menjual barang yang sudah tidak terpakai lebih mudah dilakukan.

5 Cara Menghasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online

Bahkan ada istilah baru saat ini yang lebih keren dan halus bahasanya untuk menyebut barang bekas tertentu yakni barang preloved. Barang bekas yang masuk dalam kategori ini mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan barang bekas biasa. Seperti barang masih dalam kondisi layak pakai dan nilai jualnya juga masih tinggi.

Selain itu barang yang dijual bersifat pribadi sebagai contoh barang-barang fashion dan kosmetik. Sehingga tidak jarang ditemukan barang-barang branded atau bermerek. Sedangkan barang bekas biasa lebih bersifat umum contohnya peralatan elektronik, motor, mobil, dan lain-lain.

Memakai barang bekas yang dijual online kini sudah biasa bagi banyak orang mulai dari sepatu, pakaian, tas, make-up dan lain sebagainya. Mereka tidak malu untuk memakai barang seken, toh tidak ada yang tahu kalau barang yang mereka gunakan adalah barang seken. Konsumen merasa sangat beruntung mendapatkan barang bermerek yang kondisinya masih bagus dan harganya jauh lebih murah sehingga tidak akan menguras dompet mereka.

Apa Keuntungan Menjual Barang Bekas?

Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari menjual barang bekas. Selain bisa menghasilkan uang menjual barang yang tidak terpakai bisa membuat rumah lebih rapi dan sehat.

  • 1. Rumah lebih rapi dan sehat
    Terkadang sebagian orang menumpuk barang yang tidak terpakai didalam rumah sehingga membuat debu menumpuk dan juga menjadi sarang kecoak. Nah, agar rumah lebih rapi dan tidak banyak debu anda bisa menjual barang-barang yang tidak terpakai tersebut. Dengan begitu rumah anda tidak hanya rapi tapi juga sehat. Sediakanlah waktu luang untuk memilah barang bekas yang menumpuk di rumah. Ambil barang yang masih layak dan jarang dipakai untuk dijual. Simpan barang yang masih berguna dan barang yang kondisinya sudah tidak layak lagi buang saja.
  • 2. Uang hasil jualan untuk beli barang yang lebih manfaat
    Barang yang sudah tidak terpakai tapi masih memiliki nilai jual tinggi bisa anda jual dan uang hasil menjual barang bekas tersebut bisa digunakan untuk membeli barang yang lebih bermanfaat. Memang menjual barang bekas milik sendiri dari segi finansial kurang menguntungkan karena harga jualnya jauh lebih rendah dari harga belinya. Akan tetapi uang tersebut bisa digunakan untuk membeli barang baru jikapun kurang anda hanya perlu menambahnya sedikit. Sebagai contoh ketika kita sedang membutuhkan kebaya baru untuk pergi ke acara penting. Kita bisa melirik lemari pakaian, lalu cari baju yang jarang terpakai serta dalam kondisi bagus. Dengan menjual beberapa baju preloved, uangnya bisa kita gunakan untuk membeli kebaya baru.
  • 3. Uang hasil jual barang bekas bisa untuk investasi
    Manfaat lainnya dari menjual barang yang sudah tidak terpakai yaitu anda bisa mendapatkan dana ngganggur yang bisa diputar untuk investasi. Misalnya Investasi yang modalnya tak terlalu besar yaitu emas dan reksa dana. Contohnya, yaitu anda menjual sepatu olahraga bekas dengan harga Rp. 650.000. Maka hasil penjualannya bisa digunakan untuk membeli emas batangan seberat 1 gram. Atau, bisa juga menginvestasikannya pada reksa dana.
  • 4. Bisa menjadi lahan bisnis serius
    Barang bekas bisa menjadi lahan bisnis yang bagus. Tidak sedikit orang yang menjalani bisnis jual beli barang bekas secara serius dan mampu mengantongi keuntungan yang lumayan. Bagaimana caranya? Kalau anda hanya menjual barang milik sendiri tentu lama kelamaan stok barang akan habis. Sementara untuk berbisnis secara serius, Anda harus senantiasa memiliki stok barang untuk dijual atau bisa menawarkan jasa titip jual. Untuk mendapatkan stok barang bekas salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan rajin mendatangi pasar loak. Tapi, tentu harus teliti ketika memilih barang seken untuk dijual kembali.

Anda juga bisa menawarkan jasa titip jual barang, namun, modalnya anda perlu followers yang lumayan diakun anda. Anda akan mendapatkan keuntungan dari fee titip jual barang diakun anda. Tugas anda hanya mempromosikan barang preloved milik orang lain tersebut di akun kita, jika terjual maka anda akan mendapatkan fee. Baca juga : 16 Ide Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Bagaimana Cara Menjual Barang Bekas Secara Online?

Jika anda termasuk orang yang suka berbelanja maka tentu akan banyak sekali barang yang jarang dipakai dan masih bagus. Atau bahkan hanya sekali dipakai kemudian disimpan dan tidak pernah dipakai lagi. Biasanya kaum wanita yang gemar mengoleksi barang seperti tas, sepatu, aksesoris, jilbab dan lain sebagainya.

Bila anda memiliki barang-barang yang jarang tersentuh dan masih sangat layak pakai menjualnya merupakan ide brilian karena bisa menghasilkan uang. Bagaimana cara menjual barang bekas secara online? simak penjelasnnya lengkapnya berikut ini:

1. Menggunakan Akun media sosial pribadi

Hampir Setiap orang pastinya memiliki akun media Sosial seperti facebook misalnya. Media sosial pada dasarnya memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk saling sapa dengan teman dan menggunggah foto saja. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan akun media sosial pribadinya sebagai tempat untuk berjualan.

Jika anda berniat menjual beberapa barang bekas milik sendiri cukup menggunakan akun media sosial pribadi. Anda bisa memajang barang yang dijual distatus anda. Biasanya, agar lebih mudah orang menggunakan tanda pagar ketika mencari sesuatu di media sosial. Jadi, agar barang milik anda cepat laku, ketika mempromosikannya gunakan tanda pagar yang sesuai misalnya #jualtaspreloved #jualbajubekas dan lain sebagainya.

2. Memanfaatkan Jasa Titip Jual Barang

Apabila anda Malas menjual sendiri barang bekas? Anda bisa mencari akun media sosial atau lapak jual beli online yang aktif menjual barang bekas atau preloved dan menawarkan jasa titip jual. Pemilik barang tinggal menunggu saja agar barangnya laku, tapi tentu saja anda harus membayar fee kepada pemilik akun ketika barang terjual.

Akun atau lapak yang menawarkan jasa titip jual biasanya telah memiliki banyak pelanggan atau pengikut. Pemilik akun atau lapak akan mempromosikan barang milik orang lain dan mendapatkan komisi dari jasa titip jual barang.

3. Memanfaatkan Akun media sosial khusus jual barang bekas

Bila anda mempunyai barang bekas cukup banyak, untuk menjualnya sebaiknya menggunakan akun media sosial khusu. Karena Menjual barang baik itu baru atau bekas di akun media sosial pribadi berpotensi membuat teman merasa terganggu. Tujuan menggunakan akun khusus agar tidak menganggu para pengikut di akun media sosial pribadi kamu. Siapa tahu lama kelamaan akun baru tersebut semakin banyak pengikutnya dan lalu bisa membuka jasa titip jual.

4. Memanfaatkan lapak jual beli online

Sekarang ini ada beberapa lapak jual beli online khusu jual beli barang bekas berkualitas seperti OLX, Caraousell dan Prelo. Anda bisa memanfaatkan lapak jual beli online tersebut dengan membuat akun. Kemudian mulailah membersihkan lemari anda dari barang-barang yang tidak perlu. Untuk menentukan harga jual sebaiknya anda cek dulu apakah ada barang serupa. Lihat rata-rata harga barang tersebut sehingga dalam menentukan harga jual anda tidak kemahalan.

5. Bazar garage sale

Cara lain yaitu menjual barang secara langsung dengan mengikuti bazar. Cara ini cocok untuk diterapkan apabila kita memiliki banyak stok barang yang bisa dijual. Namun, kita harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk sewa tempat. Dan tentu saja meluangkan waktu untuk mengikuti bazar.

Sebelum mengikuti bazar, karena tidak gratis, perhitungkan untung ruginya dan peluang laku atau tidaknya barang yang akan dijual. Hal ini penting agar anda tidak mengalami kerugian yang besar.

Nah, itulah 5 cara menghasilkan uang dari menjual barang bekas secara online. Bila anda memiliki barang tidak terpakai di rumah yang masih layak dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi kenapa tidak manfaatkan daripada menumpuk di rumah menjadi sarang kecoak dan penuh debu lebih baik dijual. Uang bisa digunakan untuk membeli barang lain atau disimpan.


Related For 5 Cara Menghasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online